Minggu, 14 Desember 2008

Internet dan Intranet

Internet

Istilah internet sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari interconnected networking yang berarti jaringan-jaringan komputer yang saling terhubung. Jadi internet adalah gabungan jaringan komputer di seluruh dunia yang membentuk suatu sistem jaringan informasi global.Di internet terdapat dua tipe komputer, yaitu komputer server (server computer) dan komputer client (client computer).

Informasi dan layanan yang ada di internet disediakan oleh komputer server, sedangkan komputer client hanya dapat mengakses informasi atau layanan di komputer server tersebut.Di internet,seseorang dimungkinkan untuk memalsukan identitasnya dalam berkomunikasi dengan pengguna internet lain. Banyak sekali korban kejahatan yang dilakukan melalui internet. Kejahatan melalui internet sering disebut sebagai cybercrime.

A.Sejarah Internet

Pembangunan internet diawali dengan di bangunnya jaringan ARPANET (ARPA = Advance Research Project Agency) pada tahun 1969.Di awal perkembangannya ,jaringan tersebut hanya digunakan khusus oleh kalangan akademik (pendidikan / universitas) dan militer.

Istilah internet sendiri muncul sekitar tahun 1983 dengan ditemukannya protokol TCP / IP (Transmission Control Protocol / internet Protocol) . Tekhnologi www atau sering disingkat web , memungkinkan pertukaran informasi multimedia (audio, visual, movie) melalui internet. Karena fasilitas dan kepraktisannya,maka Jumlah penggunanya pun semakin lama semakin bertambah.

B.Layanan di internet

1) WWW (World Wide Web), layanan ini meyediakan informasi yang dapat diakses dan ditampilkan secara langsung di komputer client dengan menggunakan protokol HTTP.

2) FTP (File Transfer Protocol), sesuai namanya layanan ini memang digunakan untuk transfer file dari satu komputer ke komputer lain dengan internet dengan komsep client server.

3) Email (electronic mail), fasilitas ini digunakan untuk komunikasi antar pengguna internet melalui surat elektronik, yaitu surat dalam bentuk file yang bisa dibuka / dibaca di komputer.

4) Milist (Mailing List), merupakan sebuah alamat e-mail yang di dalamnya berisi kumpulan beberapa e-mail anggotanya.

5) Telnet, digunakan untuk mengakses data di komputer lain di internet dan menjalankan program – program di dalamnya.

6) Gopher,merupakan layanan internet berbasis teks yang dikembangkan di University of Minnesota.Layanan ini sudah digantikan oleh layanan www.

7) IRC(Internet Relay Chat), layanan ini hampir sama dengan newsgroup, tetapitidak dikhususkan pada topik tertentu.

8) VoIP (Voice over Internet Protocol), telepon internet, merupakan layananuntuk menelpon lewat internet.

C.Bagaimana Komputer Dapat Saling Terkoneksi dengan Komputer di Seluruh Dunia?

Untuk dapat saling terkoneksi dengan komputer di seluruh dunia dalam jaringan internet diperlukan beberapa hal berikut:

1)Perangkat keras

2)Perangkat lunak

3)Protokol (TCP / IP)

4)Saluran telekomunikasi

5)Sambungan ke ISP (Internet Service Provider) atau penyedia layanan internet.

Untuk dapat mengakses internet,kita dapat menghubungkan komputer kita ke jaringan komputer yang sudah terkoneksi dengan internet. Untuk pemakaian sendiri (single) kita dapat menggunakan modem dan saluran telekomunikasi yang ada (misalnya saluran telepon), serta mendaftar ke ISP untuk mendapatkan akses internet.

Intranet

Intranet merupakan jaringan sistem informasi internal suatu perusahaan atau organisasi yang prinsip kerjanya sama dengan internet. Teknologi dan konsep internet seperti client-server dan protokol internet seperti HTTP dan FTP juga digunakan untuk membangun sebuah intranet.

Akses intranet memerlukan identifikasi pengguna dan pasword sehingga hanya dapat diakses oleh anggota anggota organisasi atau karyawan perusahaan tersebut.

Perbedaan antara internet dengan intranet yaitu intranet dapat mengakses internet sedangkan internet tak dapat mengakses intranet.
Keuntungan Penggunaan Intranet

1) Produktifitas Kerja : Intranet membantu pengguna untuk menemukan informasi secara cepat,mengakses database yang diperlukan dan menggunakan aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan dan tanggung jawabnya.

2) Efisiensi Waktu : Dengan intranet,perusahaan dapat memberikan informasi yang lebih lengkap kepada para anggota/karyawan di mana anggota/karyawan dapat mengakses informasi sesuai sekaligus.

3) Komunikasi : Intranet memberikan fasilitas yang memungkinkan komunikasi efektif di dalam sebuah organisasi,baik secara vertikal maupun horizontal.

4) Sistem publikasi web : memungkinkan data - data organisasi / perusahaan diakses secara mudah, misalnya pedoman anggota / karyawan,datakeuntungan, kebijakan perusahaan, dan data pelatihan.

5) Efektifitas Biaya : pengguna dapat melihat atau membaca data melalui web browser tidak perlu membaca data fisik seperti buku manual, lembaran daftarpermintaan, danlembaran daftar telepon.

6) Keseragaman Informasi : intranet menjamin keseragaman informasi yangditerima.

7) Meningkatkan Kerjasama :dengan informasi yang mudah di akses oleh semuapengguna resmi (internal), kualitas kerja tim (team work) akan meningkat.

Kelemahan Penggunaan Intranet

1) Informasi yang salah dapat juga beredar melalui intranet sehingga mengurangi efektivitasnya.

2) Dalam perkembangan interaksi di intranet ada juga kemungkinan untuk mengirimkan hal-hal yang kurang sesuai (kasar / kurang sopan).

3) Diperlukan pelatihan (training) untuk mendidik anggota / karyawan untuk menggunakan intranet.

4) Diperlukan tenaga ahli untuk membangun dan mengembangkan intranet di sebuah organisasi perusahaan.

5) Pertimbangan keamanan data merupakan pemikiran utama karena pengguna bisa saja mengirimkan pesan yang sensitif yang dapat terlihat oleh yang bersangkutan.

6) Oleh karena bebasnya pengiriman pesan antarpengguna,dapat terjadi overload (data penuh) jika tidak dikontrol dengan baik.

Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih perangkat komputer yang saling terhubung dan memungkinkan terjadinya pemakaian bersama sumber daya dan komunikasi data secara langsung.Pemakaian sumber daya dikenal dengan istilah sharing,sedangkan sumber daya yang dipakai bersama dapat berupa hardisk, printer, scanner, maupun CD ROM drive.

Ada berbagai tipe jaringan berdasarkan beberapa kriteria tertentu. Jaringan dapat digolongkan berdasarkan metode distribusi data, hubungan fungsional, jangkauan wilayahnya, metode koneksinya, dan berdasarkan topologinya.


Penggolongan Jaringan Berdasarkan Metode Distribusi Data
a. Jaringan Terpusat (Host Based Network) terdiri atas beberapa komputer terminal yang terhubun ke komputer induk (host).Komputer induk berisi data dan aplikasi dan melaksanakan hampir semua pengolahan data.Terminal dalam jaringan terpusat dapat berupa dumb terminal (terminal bisu), yaitu terminal yang tak memiliki alat pemroses data.

Penggolongan Jaringan Berdasarkan Metode Distribusi Data

b. Jaringan terdistribusi, terdiri atas beberapa komputer induk yang terhubung dengan berbagai terminal. Jaringan terdistribusi secara fisik dapat dibentuk dari penggabungan jaringan terpusat.

Pengolongan Jaringan Berdasarkan Hubungan Fungsional Komputer Dalam Pemrosesan Data

a. Jaringan client-server terdiri atas sebuah server atau lebih yang terhubung dengan beberapa komputer client.

b. Jaringan peer to peer terdiri atas beberapa terminal yang saling terhubung . Prinsipnya adalah setiap komputer dalam jaringan dapat berfungsisebagai penyedia layanan(server) sekaligus client.

Penggolongan Jaringan Berdasarkan Jangkauan Wilayahnya

a. LAN (Local Area Network) atau jaringan lokal merupakan jaringan yang cakupannya relatif sempit, terbatas pada sebuah ruangan atau sebuah gedung dan sebuah kompleks.

b. MAN (Metropolitan Area Network) merupakan jaringan yang menghubungkan dua atau lebih LAN tetapi jangkauannya tidak melebihi wilayah kota atau metropolitan terdekat.

c. WAN (Wide Area Netwok) merupakan jaringan komunikasi data yang mencakup wilyah geografi yang luas

Penggolongan Jaringan Berdasarkan Metode Koneksinya

a. Jaringan Berkabel merupakan jaringan yang menggunakan kabel untuk menghubungkan anggota jaringan.Kabel yang biasa digunakan adalah kabelkoaksial,twisted pair yang meliputi kabel UTP dan kabel STP, serat optik (FO = fiber optic).

b. Jaringan Nirkabel merupakan jaringan yang menggunakan gelombang radio untuk koneksi antar anggota jaringan.Salah satu teknologi yang digunakan

adalah teknologi Wifi (Wireles fidelity).


Penggolongan jaringan berdasarkan Topologinya:

a)Topologi Bus

b)Topologi Star (bintang)

c)Topologi Mesh (Jaring)

d)Topologi Ring (Cincin)

Protokol Jaringan

Protokol jaringan merupakan aturan-aturan main yang mengatur komunikasi beberapa komputer dalam sebuah jaringan. Aturan tersebut meliputi cara mengakses jaringan, topologi fisik jaringan, tipe-tipe, dan kecepatan akses. Beberapa protokol yang sering digunakan yaitu Ethernet, Apple Talk, Token Ring, FDDI, dan ATM.

1.Ethernet : merupakan protokol yang paling banyak digunakan untuk membuat jaringan LAN berkabel. Segmen jaringan Ethernet biasanya menggunakan kabel twisted pair, coaxial, ataupun fiber optic dengan kecepatan transmisi yang bervariasi.

2.AppleTalk: merupakan protokol yang dikembangkan oleh perusahaan Apple Computer, Inc. dan digunakan khusus untuk mesin-mesin komputerApple/Machintosh dengan kecepatan transmisi sekitar 230 kbps.

3.Token Ring: Merupakan protokol yang paling banyak digunakan untuk membentuk LAN setalah Ethernet. Token Ring digunakan pada jaringan topologi cincin (ring) ataupun bintang (star).Teknologi Token Ring memungkinkan kecepatan transmisi data dari 4 Mbps hingga 16 Mbps.

4.FDDI (Fiber Distributed Data Interface): Merupakan rangkaian standar untuk transmisi data menggunakan serat optik pada jaringan lokal (LAN) yang dapat menjangkau hingga jarak 200 km.Sebuah jaringan FDDI menggunakan 2 buah Token Ring, salah satunya sebagai cadangan bila salah satunya mengalami masalah.

5.ATM (Asynchronus Transfer Mode): Merupakan protokol jaringan dengan kecepatan transmisi data 155 Mbps atau lebih,Protokol ATM banyak digunakan dalam WAN.Sebuah ISP juga bisa menggunakan protokol ATM untuk meningkatkan kecepatan akses data pelanggannya.

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))